Sulit belajar? Ini Dia Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas Belajar!

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Rasa malas belajar memang menjadi salah satu hambatan, terutama bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan. Seakan-akan membuat mereka tidak ingin melakukan apapun selain bersantai. Rasa malas memang sulit untuk dilawan dan hilangkan dari diri kita.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar
Malas Belajar
Ada berbagai macam metode yang dapat kalian temukan apabila kalian mencarinya di internet. Menghilangkan rasa malas belajar memang tidaklah mudah. Karena sebagian besar pasti pernah merasakan akan hal tersebut. 

Untuk itu, sebenarnya apasih yang membuat kita sulit atau malas dalam belajar?

Disini kita akan membahas mengenai kasus tersebut. Bagi pelajar mungkin adakalanya merasa bosan dengan perlajaran, tugas dan lain sebagainya yang berhubungan dengan belajar.  Waktu yang lama menatap semua tulisan dan menghafal membuat otak mereka pusing.

Sebagian besar lagi karena pelajaran yang sulit dan membuat mereka enggan untuk belajar. Seharusnya kita tahu bahwa belajar itu memiliki waktu yang cukup. Artinya tidak berlebihan dan juga tidak kurang. 

Lantas, bagaiamana usaha kita untuk menghilangkan rasa malas belajar. Ini ada beberapa tips yang dapat kalian praktekan.

Tips Menghilangkan rasa malas belajar

1. Membuat Jadwal Belajar
Membuat jadwal khusus untuk belajar sangatlah penting. Pasalnya, bagi para pelajar mungkin akan kesulitan untuk mempelajari semua dalam satu waktu kan? Oleh sebab itu, alangkah bagusnya untuk mengaturnya sedemikian rupa.

Sisihkan 2 jam setiap harinya untuk belajar. Jangan terlalu memaksakan, karena akan berakibat datangnya kebosanan. Buatlah jadwal senyaman mungkin.

2. Temukan Metode Belajar yang Sesuai
Metode belajar setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang fokus hanya dengan membaca dan ada juga yang mengerti dengan cara mendengar suara atau praktik. Semua memang memiliki ciri khas yang berbeda.

Temukan gaya belajar yang menurut kalian sesuai dengan keinginan kalian. Seandainya kalian tidak suka hanya dengan membaca buku. Kalian bisa menggunakan beberapa media seperti halnya video, grafik dan lain sebagainya.

Tentunya itu akan membuat suasana penglihatan kalian tidak monoton.

3. Membuat Kelompok Belajar
Untuk yang lebih menyenangkan, alangkah baiknya kalian membuat suatu grup belajar. Untuk banyaknya anggota lebih disarankan 4 orang. Seandainya melebihi batas, biasanya akan terjadi penyimpangan.

Seperti halnya menggosip dan membicarakan hal diluar pembelajaran. Semua hal itu pasti terjadi, karena itu sudah menjadi hukum alam apabila banyak orang yang berkumpul. Tidak jauh dari kata mengobrol.

Dengan demikian, kelompok belajar ini dibuat agar suasana belajar kalian lebih hidup dan berwana. Kalian bisa tukar beberapa pendapat mengenai suatu permasalahan (dalam hal pelajaran). Sehingga, rasa malas belajar akan hilang.

4.Liburan yang cukup
Jangan salah, ternyata liburan dapat membuat otak kita menjadi lebih segar. Banyak dari mereka yang hanya terpaku pada belajar tapi tidak memikirkan tentang liburan. Ini sangatlah penting dilakukan oleh kita.

Menjaga kesehatan pikiran sangatlah diperlukan. Hal ini terbukti dapat membuat kita lebih nyaman dan bersemangat kembali. Layaknya istirahat dari pekerjaan yang berat.

Baca Juga:

5. Niat
Ini adalah hal penting untuk menghilangkan rasa malas kita. Kita harus memiliki niat yang kuat untuk menghilangkan rasa malas. Seandainya itu tidak ada dalam diri kita, bisa saja kita menjadi orang pemalas untuk selamanya.

Perubahan diri awalnya memang tergantung dari niatan yang kita buat. Oleh karena itu, tanamkanlah niat yang kuat untuk melwan rasa malas dalam diri untuk semua hal yang bermanfaat untuk kita.

Setelah mengetahui beberapa tips untuk menghilangkan rasa malas, ada baiknya kita tetap menjaga konsistensi pada waktu kita. Menghargai waktu sama halnya seperti menghargai hidup. Apabila waktu terbuang tanpa memberi manfaat, tentu akan membuat hidup kita tidak berarti bukan.

Rasa malas memang hal yang harus kita lawan. Jangan sampai kita menjadi orang yang tidak bisa diandalkan. Dengan begitu, tentunya kita tahu lagkah awal untuk memulai dari mana menghilangkan rasa malas.

1 comment :

  1. untuk tanbahan, susasana dan tempat yg sesuai pun perlu untuk kita jadikan diri lebih selesa dan semangat!

    ReplyDelete

Designed by OddThemes