Ingin tetap sehat? Inilah Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami

Pentingkah menjaga kesehatan tubuh?

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Alami
Tentu saja sangat penting. Kesehatan menjadi hal yang harus diperhatikan oleh kita semua. Apabila kita tidak merasa sehat, semua aktifitas kegiatan kita menjadi tidak beraturan bahkan terhenti. Apalagi bagi kalian para pekerja dan pelajar. Kalian harus selalu tetap sehat bukan. 

Dalam kategori kesehatan, masih banyak orang yang tidak memperdulikan bahwa sebenarnya kesehatan itu sangatlah penting untuk dijaga. Akibatnya, apabila mereka meremehkannya mereka akan jatuh sakit, dari mulai flu sampai harus dirawat.

Tentu hal itu tidak kita inginkan. Secara keseluruhan, dalam menjaga kesehatan kita harus selalu serba teratur, dari mulai makan, mandi hingga beristirahat. Semua itu ada takarannya, karena kita bukan sebuah robot yang hidup oleh mesin. 

Tubuh kita memiliki batas tenaga yang bisa habis apabila sudah melampaui batasnya. Seandainya melebihi batas, kemungkinan besar kita akan mudah terserang penyakit, karena daya tahan tubuh kita melemah tiada tenaga. 

Untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat, ini ada beberapa cara untuk menjaga tubuh tetap kuat secara alami 

1. Rajin Berolahraga
Olahraga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga tubh kita tetap segar. Walaupun demikian, beberapa orang selalu melupakan hal ini. Padahal olahraga memiliki manfaat yang jelas untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Selain itu juga membuat otot-otot tubuh menjadi tidak kaku. Kalian bisa melakukannya setiap pagi. usahakan sisihkan waktu untuk berololahraga walaupun 20 menit. Bisa melakukan jogging, senam dan lain sebagainya. 

Tidak harus selalu menuju gym untuk berloahraga. Karena inti utama dari berolahraga adalah menggerakan otot-otot agar tidak kaku. 

2. Perbanyak Minum Air Putih
Air menjadi bagian dalam kesehatan tubuh. Air seperti apa yang bagus untuk tubuh kita? Tentu saja air putih. Karena pada penelitian yang dilakukan beberapa profesor, air putih dapat menetralisir racun. Menjaga kesehatan jantung dan lambung.

Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi. Sehingga tubuh kita merasa lemas dan pikiran pun menjadi tidak karuan. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih untuk membuat tubuh kita kebal dan sehat. 

3. Makan Makanan yang Berserat dan Bervitamin
Untuk menjaga tubuh selalu sehat, perbanyaklah asupan makanan yang memiliki gizi dan serat. Kedua makanan tersebut sangat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjauhi dari lemah dan lesu. 

Baca Juga: 

Konsumsilah buah-buahan yang memiliki vitamin untuk tubuh kita, baik untuk mata, kulit dan lain sebagainya. Untuk pelancaran area dalam, bisa mengonsumsi sayuran. Seperti untuk memperlancar buang air besar. 

Semua makanan yang mengandung gizi dan serat sudah seharusnya menjadi asupan kita sehari-hari. Selain manfaat yang besar untuk kondisi tubuh, kita juga akan selalu terlihat semangat dan segar. 

4. Beristirahat yang Cukup
Istirahat adalah dimana waktu kita untuk meregenerasi tenaga yang sudah dikuras habis dengan kegiatan sehari-hari kita. Disini, istirahat berperan penting untuk menjaga agar tubuh kita kembali fit lagi keesokan harinya. 

Dalam waktu tidur, alangkah baiknya kita tidur saat pukul 9 malam. Itu merupakan waktu yang pas untuk melakukan regenerasi tenaga dalam tubuh kita. Waktu yang ideal untuk tidur adalah selama 8 jam/hari. 

Seandainya kita sering tidur tengah malam, besar kemungkinan kita akan sedikit kehilangan konsentrasi kita saat melakukan kegiatan, itu disebabkan karena kita kurang istirahat. Tubuh kita sangat rentan terkena penyakit apabila waktu istirahat kita berkurang. 

Untuk menjaga hal itu tidak terjadi, buatlah jam waktu tidur keluarga, agar semua anggota keluarga tidur di jam yang sama. Manfaatnya, anggota keluarga akan selalu terlihat semangat dan sehat saat melakukan kegiatan sehari-harinya. 

5. Berlibur
Berlibur tenyata menjadi salah satu yang bisa membuat tubuh kita sehat. Ini dibuktikan dari beberapa  orang yang mengalami stres, lalu mereka melakukan liburan. Alhasil mereka kembali lagi menjadi seseorang yang penuh semangat dalam menjalani hidup. 

Kesehatan disini ternyata adalah faktor dari suasana. Untuk kalian yang merasa lemas dan bosan, cobalah berlibur sekali-kali. Itu akan bagus untuk tubuh kalian yang setipa harinya berkerja di kantor dan sekolahan. 

Adakalanya kalian wajib menghirup udara segar untuk tubuh kalian. Berselancar, bermain di pantai, hingga melihat pemandangan yang sangat indah saat malam hari. Semua itu dapat membuat kesehatan kalian menjadi fit kembali. Sehingga kalian siap untuk menghadapi hari esok.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjaga agar tubuh kalian tetap terlihat sehat. Menjaga kesehatan tubuh haruslah menjadi suatu prioritas utama. Karena apabila kita lalai, semua kegiatan kita akan terbengkalai, dan orang yang mencintai kita akan khawatir.

3 comments :

  1. bagusnya perkongsian ni! kadang2 tak perlu pun sebenarnya penjagaan yang ketat, cukup dengan amalkan gaya hidup sihat secara konsisten.

    ReplyDelete
  2. yup, kena betul betul jaga kesihatan tubuh badan ni.. nak pakai lama kan hehe

    ReplyDelete
  3. A good tips to maintain a healthy lifestyle. eating habit and also lifestyle play a big role.

    ReplyDelete

Designed by OddThemes